Jumat, 22 Juli 2011

Dakwah

Nama : Sely Kusuma A.

No : 31

Kelas : XI A2

TIGA PERKARA DICINTAI ALLAH DAN

TIGA PERKARA DIBENCI ALLAH

Assalamu’alaikum Wr.Wb

Bapak Dewan guru yang saya hormati, teman-teman yang kami cintai, dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Dengan memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat-Nya, sehingga kita bisa mengikuti kegiatan kuliah tujuh menit tanpa ada halangan suatu apapun

Shalawat serta salam mudah-mudahan tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, karena dengan ajaran beliau kita bisa membedakan yang haq dan yang bathil, berkat hidayah dari Allah SWT.

Hadirin sekalian yang berbahagia.

Sebagai hamba yang beriman kepada Allah dengan sesungguhnya tentu saja dia ingin menjalankan sesuatu yang mendatangkan kebaikan. Karena dengan kebaikan yang dikerjakan orang-orang beriman, maka Allah akan cinta kepadanya, dan selalu memberikan pahala sebab perbuatan baik tersebut. Untuk itu kita haruslah mempunyai rasa gemar berbagai kegiatan yang arahnya kepada kebaikan, karena setiap langkah yang menuju baik termasuk ibadah dan akan mendapat pahala dari-Nya.

Kita juga berupaya sekuat tenaga untuk tidak berbuat yang mendatangkan kebencian Allah. Karena segala sesuatu yang bisa mendatangkan kejahatan, maka kemurkaan Allah akan datang. Oleh karena itu sebagai orang beriman berusahalah melakukan kebaikan dan meninggalkan kejelakan agar kebencian Allah benar-benar diberikan kepada hamba-Nya.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka Nabi saw menjelaskan dalam sabdanya :

“Bahwasanya Allah meridhakan untukmu tiga perkara dan Allah membencimu untu tiga perkara pula. Allah rela akan kamu menyembah-Nya sendii-Nya dengan tidak memperserikat-Nya dengan sesuatu apapun. Dan hendaklah kamu berpegang teguh kepada tali Allah, tidak kamu bercerai berai. Dan hendaknya kamu suka memberikan nasehat kepada orang yang dijadikan Allah pengendali urusanmu. Adapun tiga yang dibenci-Nya ialah : banyak bicara, banyak bertanya/ minta-minta, dan menyia-nyiakan harta benda.”

Tiga perkara yang dicintai Allah hendaklah kita kerjakan dengan tulus ikhlas. Adapun tiga perkara ini antara lain :

- Menyembah kepada Allah tanpa mempersekutukan dengan sesuatu. Karena Allah satu-satunya Tuhan yang patut kita sembah dan patut kita mintai pertolongan. Jadi kita menyembah kepada Allah haruslah dengan penuh keyakinan yang mendalam, tanpa dihantui perasaan-perasaan yang meragukan yang berakibat mendatangkan syirik.

- Hendaklah tetap berpegang teguh dengan ajaran islam. Dan jangan sampai bercerai berai antar umat islam, karena dimana saja umat islam berada, maka disitulah saudara kita. Orang islam dibutuhkan hidup rukun damai. Persatuan dan kesatuan umat harus benar-benar digalang, agar kekuatan islam semakn hari semakin kuat, sehingga tidak mudah diremehkan dan diinjak oleh orang-orang ghairul islam. Jadi orang islam walaupun berbeda organisasi jangan sampai menimbulkan perpecahan, karena semuanya itu adalah saudara kita.

- Dan Perbuatan yang mendatangkan kecintaan Allah yang ketiga adalah memberikan nasehat kepada orang yang dijadikan Allah pengendali urusanmu

Hadirin sekalian yang berbahagia

Adapun perbuatan yang bisa mendatangkan kebencian Allah antara lain :

- Banyak bicara, dalam hal ini kita umat islam jangan membiasakan bicara banyak/membual. Bcaranya banyak dan tidak ada yang bermanfaat, maka kebencian Allah yang akan kita terima. Jadi langkah yang terbaik agar kita tidak termasuk orang yang banyak bicara, maka lebih baik berbicara yang bermanfaatnya saja, dan jangan suka menjadi orang yang membual dalam bicara.

- Dan janganlah memperbanyak pertanyaan/banyak bertanya tentang sesuatu urusan orang lain.

- Dan perbuatan ketiga termasuk mendatangkan kebencian Allah adalah : menyia-nyiakan harta, menggunakan hartanya dengan boros, padahal orang Islam harus bisa membelanjakan hartanya pada jalan Allah. Kita harus hidup sederhana, jangan sampai berlebih-lebihan.

Demikianlah yang bisa kami sampaikan lewat mimbar kuliah tujuh menit. Mudah-mudahan kita bisa memahami dari ketiga perkara tersebut, sehingga bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar